Sunday, April 7, 2013

Pendidikan di Era Globalisasi

Selamat sore sahabat bloggers...

Pada pertemuan kali ini saya ingin berbagi sedikit  tentang pendidikan di era globalisasi. Pendidikan memang sangatlah penting, apalagi dengan semakin berkembangnya teknologi yang menuntut kita untuk tidak boleh ketinggalan atas kecanggihan-kecanggihan peralatan yang telah ada. Sehingga patutlah bagi kita untuk tetap belajar dan terus belajar dengan teknologi yang ada pada saat ini dan yang akan datang.

Globalisasi sangat erat kaitannya dengan pendidikan saat ini yang mengharuskan pesertanya untuk cakap dan terampil dalam berbagai bidang terutamanya dalam bidang pendidikan. Di dunia pendidikan seorang pendidik diharuskan agar bisa mengoperasikan komputer/laptop, kalaupun toh tidak secara menyeluruh paling tidak bisa menyalakan/mematikan komputer/laptop, jangan sampai kalah dengan peserta didiknya. 

Apalagi anak didik zaman sekarang yang sudah banyak yang mahir dalam mengoperasikan komputer/laptop, sehingga mera mampu untuk menjelajah dunia lewat dunia maya atau jejaring sosial yang sedang hangat-hangatnya untuk saat ini.

Kita boleh bangga dengan globalalisasi saat ini yang sangat canggih, akan tetapi janganlah kita sampai terus-menerus terbawa arus globalisasi yang makin hari makin menggrogoti jiwa anak bangsa. Karena dengan globalisasi anak-anak makin lupa waktu untuk keluarga, belajar dan yang lainnya. Semua itu harus dibatasi dan diperhatikan oleh beberapa elemen yang terkait yaitu:
  1. Tenaga pendidik (guru); Guru disini memberikan motivasi, batasan-batasan yang boleh/tidak boleh dilakukan oleh peserta didik.
  2. Peserta didik (siswa); peserta didik selain belajar juga harus tahu diri dalam artian mampu membedakan mana yang baik dan mana yang kurang baik.
  3. Keluarga (orang tua); keluarga merupakan motivator utama yang paling dekat dengan peserta didik, oleh karena itu peran kelurga sangatlah penting dalam memunculkan karakter para peserta didik.
  4. Lingkunga; lingkungan bisa menjadikan seseorang bertindak tidak sesuai dengan keinginannya, atau bisa dikatakan pembawa arus terbesar dalam perkembangan karakter seseorang.
Demikian tadi sedikit ulasan tentang pendidikan yang ada di era globalisasi, sehingga kita harus waspada dengan adanyaberbagai macam kecanggihan yang ada di dunia ini. Kalau tidak kita sendiri yang mengantisipasi keadaan ini, mau siapa lagi? 

Happy Blogging.....

No comments: