Sunday, November 14, 2010

METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION

Dari mana datangnya ilmu yang kita peroleh? Tentu jawabnya adalah dari seorang guru yang selalu setia menemani kita pada saat belajar di sekolah. Dan dari guru pada saat kita terjun langsung ke lapangan, yaitu Pengalaman. Karena pepatah mengatakan "Pengalaman adalah guru yang paling berharga".

Sekarang kita membahas ilmu yang datang dari sekolah. Terlihat seperti udah kita mentrasfer ilmu seorang gur ke muridnya, padahal semua itu dilakukan harus melalui berbagai macam setrategi dan metode pembelajaran. Pada postingan sebelumnya telah sering saya ulas tentang berbagai macam metode pembelajan. Untuk kesempatan ini saya akan memberikan satu metode pembelajaran lagi yang bisa dipakai oleh seorang pendidik untuk menerapkan konsep pendidikan yang ada.

Berikut adalah Metode Problem Based Instruction (PBI) memusatkan pada masalah kehidupannya yang bermakna bagi siswa, peran guru menyajikan masalah, mengajukan pertanyaan dan memfasilitasi penyelidikan dan dialog.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. Menjelaskan logistik yang dibutuhkan. Memotivasi siswa terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
  2. Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
  3. Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
  4. Guru membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya.
  5. Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan.
Kelebihan:
  1. Siswa dilibatkan pada kegiatan belajar sehingga pengetahuannya benar-benar diserapnya dengan baik.
  2. Dilatih untuk dapat bekerjasama dengan siswa lain.
  3. Dapat memperoleh dari berbagai sumber.
Kekurangan:
  1. Untuk siswa yang malas tujuan dari metode tersebut tidak dapat tercapai.
  2. Membutuhkan banyak waktu dan dana.
  3. Tidak semua mata pelajaran dapat diterapkan dengan metode ini

2 comments:

zaiyar said...

Assalamu'alaikum.....
Mbak, ada g buku tentang problem based instruction??
klo ada dimana bisa saya dpatkan??
menarik tuk di kaji...

Anonymous said...

Assalamualaikum..
bu mau nnya sedikit..
ada ga perbedaan antara PBI dan PBL (Problem Based Learning)?
atau memang kedua metode itu sama saja?