Monday, November 15, 2010

METODE PEMBELAJARAN JIGSAW


Kalau kita mengenal namanya, metode ini sudah tidak asing lagi bagi seorang pendidik/guru. Karena metode ini juga sering digunakan oleh seorang guru dalam proses pembelajaran. Metode ini dinamakan Metode Pembelajaran Jigsaw. 

Di dalam metode pembelajaran ini diharapkan siswa dapat berperan aktif untuk menyelesaikan tugas yang telah diberikan oleh guru.

Langkah-langkah yang dilakukan pertama kali adalah guru membagi satuan informasi yang besar menjadi komponen-komponen lebih kecil. 

Selanjutnya guru membagi siswa ke dalam kelompok belajar kooperatif yang terdiri dari empat orang siswa sehingga setiap anggota bertanggungjawab terhadap penguasaan setiap komponen/subtopik yang ditugaskan guru dengan sebaik-baiknya. 

Siswa dari masing-masing kelompok yang bertanggungjawab terhadap subtopik yang sama membentuk kelompok lagi yang terdiri dari dua atau tiga orang.

Siswa-siswa ini bekerja sama untuk menyelesaikan tugas kooperatifnya dalam:
  1. belajar dan menjadi ahli dalam subtopik bagiannya
  2. merencanakan bagaimana mengajarkan subtopik bagiannya kepada anggota kelompoknya semula
Setelah itu siswa tersebut kembali lagi ke kelompok masing-masing sebagai “ahli” dalam subtopiknya dan mengajarkan informasi penting dalam subtopik tersebut kepada temannya. 

Ahli dalam subtopik lainnya juga bertindak serupa. Sehingga seluruh siswa bertanggung jawab untuk menunjukkan penguasaannya terhadap seluruh materi yang ditugaskan oleh guru.
 
Dengan demikian, setiap siswa dalam kelompok harus menguasai topik secara keseluruhan.

3 comments:

Unknown said...

met siang..

Rizkyzone said...

kayanya dulu waktu saya sekolah, belum ada metode beljar jigsaw, ini metode baru yah

Mhya said...

sang cerpenis; iya, terimakasih...

Rizky2009; sebenarnya sudah lama tapi masih jarang yang mempraktekannya, karena dulu kebanyakan guru sering menggunakan metode ceramah saja yang membuat siswa jadi jenuh.