Saturday, June 11, 2011

Belajar Dari Pengalaman

Terkadang kita hidup tak bisa hanya mengandalkan teori saja. Seperti pada kenyataanya, kehidupan ini selalu datang silih berganti. Ada kalanya hidup kita terasa  nyaman dan tentram, akan tetapi dalam menepaki tahapan tersebut tidaklah semudah membalikkan telapak tangan kita. Ini terbukti dengan adanya pengalaman hidup. 


Hidup kita bisa lebih bermakna jika kita memiliki banyak pengalaman yang tentunya kita bisa mengambil hikmahnya dibalik pengalaman tersebut. Akan sia-sia hidup ini jika kita tidak bisa mengambil intisari dari pengalaman kita. Kadang kala orang tak bisa berkembang jika hanya hidup di kampungnya saja, sehingga dibutuhkan hijrah ke kampung orang lain. 

Seperti yang telah difirmankan Allah SWT. "Bahwa Aku (Allah SWT) tidak akan merubah suatu kaum, sehingga kaum itu sendiri yang mau merubahnya". Ini membuktikan bahwa kalau kita ingin maju dan berkembang, maka kita harus memulai dari diri sendiri untuk merubahnya. Sebagai pembuktian di khalayak ramai bahwa sebenarnya diri kita mampu untuk bersaing dan lebih maju lagi jika kita selalu berusaha.

Kembali ke topik masalah tentang pengalaman, seperti yang telah saya sampaikan diatas bahwa hidup tak semudah membalikkan telapak tangan, nah dari sinilah muncul berbagai macam pengalaman. 

Adakalanya pengalaman itu indah dan menyenangkan, sehingga membuat kita ingin mengulanginya kembali. Akan tetapi ada juga pengalaman yang sangat buruk, sehingga terasa pahit jika kita mengnangnya bahkan kita tak ingin lagi untuk mengulanginya. Kalau pengalaman semacam ini mengingatkan saya pada sebuah pepatah "sebodoh-bodohnya orang adalah jatuh pada lubang yang sama". 

Pepatah diatas memberikan arti bahwa kita janganlah terperosok pada jurang yang sama seperti pada pengalaman masa lalu yang suram. Dari pepatah itu pula dapat diartikan bahwa "pengalaman itu adalah guru yang paling berharga". Karena dari pengalaman kita bisa mengetahui bagaimana cara menjalani hidup ini dengan baik dan benar meskipun tak sesempurna yang kita harapkan.

Lukiskan pengalamanmu dimanapun kalian berada asalkan itu baik menurut kalian.

2 comments:

Rizkyzone said...

saya juga coba untuk sll belajar dari pengalaman |lear something to get something from something that studied|

Mhya said...

benar Riz, terkadang pengalaman adalah kunci dari kesuksesan.