Saturday, February 5, 2011

UJIAN NASIONAL SMP/MTS 2011

Ujian Nasional tinggal sesaat lagi, apa yang telah siswa-siswi persiapkan? Berhembus kabar bahwa ujian kali ini sangat berbeda dengan ujian tahun lalu. Pada tahun lalu ujian nasional terdiri dari dua paket soal, yaitu soal paket A dan soal paket B, itupun soalnya terdapat perbedaan tetapi masih dalam muatan indikator yang sama. 

Kali ini ujian nasional terdiri dari 5 paket soal, yaitu paket A, B, C, D, dan E. Hal ini diterapkan oleh pemerintah diharapkan agar tidak ada lagi kecurangan-kecurangan yang terjadi pada saat ujian berlangsung. Juga pemerintah menginginkan agar setiap sekolah mampu menghantarkan siswa-siswinya untuk lulus ujian nasional secara mandiri, dalam artian tidak ada lagi transaksi jual beli kunci jawaban seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Apakah itu bisa terlaksana? Kita nantikan saja jawabannya.

Ujian nasional kali ini dilaksanakan setelah semua proses pembelajaran usai, dengan kata lain bahwa ujian ini lakukan setelah selesainya ujian madrasah, ujian praktek, dan ujian-ujian yang lainnya. Sehingga dimungkinkan tidak ada lagi UAS untuk peserta ujian nasonal.

Demikian tadi sekilas info untuk seputar ujian nasional tingkat SMP/MTs.

4 comments:

Gaphe said...

waah ribet juga yah aturan baru UN nya.. untung udah lewat banget deeh.. selamat melaksanakan UN aja bagi yang di tahun terakhir sekolah deh..

Anonymous said...

Waah kereeen...
5 kunci soal... :))
Kalau di sma dibikin gitu juga jadi tambah keren tuh :D

kira said...

tiap taun ganti ya,,,
masaku dulu udah ribet. hehehe

Mhya said...

Gaphe> iya tuh, harus pandai-pandainya siswa aja untuk mengantisipasi hal tersebut, maka mulai kelas awalpun harus giat belajat.

Sikucing> di SMA rencananya gitu juga, jangan kawatir, tapi pelaksanaanya belum ditentukan.

Kira> iya, difungsikan untuk mengkoreksi kualitas pendidikan di negeri kita