Tuesday, February 8, 2011

BELAJAR EFEKTIF OUT CLASS

Belajar bisa dilakukan dimana saja, tergantung dari sekenario pembelajaran dan materi pelajaran yang diajarkan. Terkadang situasi baru pun sesekali ingin dirasakan oleh siswa-siswi. Mereka bisa saja jenuh dengan kondisi kelas yang selalu monoton tanpa adanya fariasi yang kondusif. 


Oleh karena itu sebagai seorang pendidik yang baik tentu akan memiliki berbagai strategi untuk mengatasi tingkat kejenuhan anak didiknya tersebut. Bagaimana dengan anda? Saya punya satu solusi dari permasalahan tersebut, yaitu dengan cara memberikan materi diluar ruang kelas yang tertutup. 

Pernahkah kalian mencoba belajar di ruang terbuka? tentu hal ini bisa membuat pikiran kita fresh, nah itu pula yang seharusnya kita coba untuk menerapkan pada anak didik kita. Dengan belajar di ruang terbuka mereka bisa rileks tanpa ada penekanan-penekanan ruangan yang menjenuhkan.

Akan tetapi dalam pembelajaran diluar ruang kelas tentu masih diharapkan agar bisa memenuhi standar isi muatan materi yag ada. 

Pada dasarnya tempat belajar itu bisa dijadikan motivasi siswa untuk melakukan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.

Demikian tadi adalah sebagian dari permasalahan beserta solusinya dalam proses belajar mengajar yang kita lakukan sehari-harinya.

Akhir kata semoga coretan ini bisa membantu para pembaca dalam memajukan pendidikan bansa Indonesia. Terimakasih.

2 comments:

Nyayu Amibae said...

Assalamualaikum sis,,,

hmmm.. klo aku pribadi setuju sekali, klo belajar itu tidak mesti monoton di dalam kelas,, klo ga salah aku pernah baca sebuah artikel, katanya berdasarkan penelitian, belajar outbond itu lebih efektif untuk meresap di otak dibanding in class,,, hmmmm... jaya lah Indonesia!! mari kita memberi yg terbaik untuk nya,,, supaya ibu pertiwi tidak bersusah hati lagi,,,

btw, aku bawa awards untukmu, diterima ya sis..

linknya : http://cerita18hujan.blogspot.com/2011/02/awards-ke-10-stylish-blogger-award.html

terima kasih...

Mhya said...

Nyayu> trimakasih ya sist, emang gitu deh gak ada salahnya kan kita mencoba belajat out class.
ohya, makasih awardnya ea.