Thursday, April 12, 2012

Kesenian Drum Band

Drum Band adalah gabungan alat musik jenis drum dan alat musik tiup maupun alat musik perkusi yang bernada yang dimainkan secara bersamaan. Namun, gabungan alat musik yang dimainkan secara kelompok tersebut belum dapat disebut drum band bila cara memainkannya tidak dibarengi dengan gerakan langkah kaki melangkah, berjalan maupun berpindah.
Dari kelompok drum band dapat berkembang kesatuan yang lebih besar selain unsur instrumen musik perkusi dan instrumen tiup yaitu dengan ditambahkannya Color Guard (CG) yang merupakan salah satu unsur pendukung yang ikut menentukan penilaian dalam suatu perlombaan drum band. Selain itu ada pula unsur pendukung lainnya seperti Gitapati dan mayoret

Orkes barisan (Inggris: marching band) adalah sekelompok barisan orang yang memainkan satu atau beberapa lagu dengan menggunakan sejumlah kombinasi alat musik (tiup, perkusi, dan sejumlah instrumen pit) secara bersama-sama. Penampilan orkes barisan merupakan kombinasi dari permainan musik (tiup, dan perkusi) serta aksi baris-berbaris dari pemainnya. Umumnya, penampilan Orkes barisan dipimpin oleh satu atau dua orang Komandan Lapangan dan dilakukan baik di lapangan terbuka maupun lapangan tertutup dalam barisan yang membentuk formasi dengan pola yang senantiasa berubah-ubah sesuai dengan alur koreografi terhadap lagu yang dimainkan, dan diiringi pula dengan aksi tarian yang dilakukan oleh sejumlah pemain bendera.
Penampilan orkes barisan pada mulanya adalah sebagai pengiring parade perayaan ataupun festival yang dilakukan di lapangan terbuka dalam bentuk barisan dengan pola yang tetap dan kaku, serta memainkan lagu-lagu mars. Dinamika keseimbangan penampilan diperoleh melalui atraksi individual yang dilakukan oleh mayoret, ataupun beberapa personal pemain instrumen. Namun saat ini permainan musik orkes barisan dapat dilakukan baik di lapangan terbuka ataupun tertutup sebagai pengisi acara dalam suatu perayaan, ataupun kejuaraan. 
Drum Band juga ditampilkan untuk mengisi acara-acara tertentu seperti Milad Muhammadiyah, Maulid Nabi Muhammad SAW, HUT RI dan hari-hari besar lainnya. Bahkan kadang bisa pula bernilai manakala diminta tampil sebagai persewaan seni di wilayah daerah tertentu

4 comments:

SDN KEDONDONG 1 said...

murid sd apa mi ibu? wahh...bagus banget......*)

Mhya said...

anak-anak TK ABA bu...

Blogger said...

Echem2..
apa kabar mbak lama sekali saya ga silaturahmi kemari, semoga baik2 selalu buat ibu guru. Gimana mbak masih aktif nge-blognya, Sukses slalu dech..
Mampir kerumah barunya Bunglon ya mbak kalo ada waktu di www.seotoolinfo.com rumah lamanya masih juga ko.

Mhya said...

Eheemmm...2 juga deh...
Alhamdulillah baik, cuman ya gitu sekarang jarang sekali ngeblog,,,
Insya' Allah mampir... langsung deh...
btw makasi ea kunjungannya.