Wednesday, April 11, 2012

Jenis-Jenis Kecerdasan


Setiap anak memiliki potensi kecerdasan yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Para orang tua dan pendidik dituntut untuk memiliki pemahaman yang cukup tentang kecerdasan majemuk pada anak sehingga bisa memberikan perlakuan yang tepat untuk proses pendidikan mereka.

Kecerdasan dapat didefinisikan istilah umum yang menggambarkan sebuah properti dari pikiran termasuk kemampuan terkait, seperti kapasitas untuk berpikir abstrak, pengertian, komunikasi, penalaran, belajar, belajar dari pengalaman masa lalu, perencanaan, dan pemecahan masalah. Menurut Howard Gardner menyatakan bahwa semua orang memiliki berbagai jenis kecerdasan (kecerdasan majemuk) dengan kadar dan kombinasi yang unik untuk masing-masing orang. 

Kecerdasan majemuk tersebut adalah
  1. Kecerdasan linguilistik, yaitu kemampuan verbal dan sensitive terhadap suara, maksud, dan irama kata-kata. 
  2. Kecerdasan logis matematis, yaitu kemampuan berfikir konseptual dan abstrak, dan kemampuan memperhatikan pola-pola numeric dan logis. 
  3. Kecerdasan musical, yaitu kemampuan menghasilkan dan mengapresiasi ritme, keharmonisan tinggi rendah suara dan warna suara. 
  4. Kecerdasan visual spasial, yaitu kemampuan berfikir dalam bentuk imajinasidan pola-pola gambar untuk membuat deskripsi terhadap sesuatu dengan akurat dan abstrak. 
  5. Kecerdasan kinestetik, yaitu kemampuan mengendalikan gerakan tubuh dan menangani obyek. 
  6. Kecerdasan interpersonal atau antar pribadi, yaitu kemampuan untuk mendeteksi dan merespon perasaan dan pikiran, motivasi, dan hasrat orang lain. 
  7. Kecerdasan intrapersonal atau intra pribadi, yaitu kemampuan untuk menyadari diri sendiri dan menyasuaikan diri dengan perasaan (feeling), nilai-nilai, keyakinan, dan proses berfikir diri sendiri. 
  8. Kecerdasan naturalis, yaitu kemampuan mengenal dan membuat kategori tanaman, hewan, dan obyek-obyek alami lainnya

No comments: