Wednesday, July 27, 2011

Trik Mengatasi Kelas Yang Gaduh

Dalam situasi belajar dibutuhkan suasana yang tenang dan damai tanpa ada kegaduhan dan huru-hara. Tapi kondisi semacam ini seakan sulit diterapkan ketika konsentrasi anak-anak sudah mulai bunyar. Konsentrasi ini bisa hilang jika kondisi anak-anak mulai menurun, seperti cuaca sudah mulai panas dan gerah, atau bisa juga karena sudah mulai kelelahan setelah siswa menerima materi pelajaran dari pagi hingga siangnya mulai boring. Hal ini bisa mengakibatkan kondisi siswa jadi gaduh, atau mungkin telah terjadi sesuatu hal yang bisa menjadi riuh.

Nah bagaimanakah solusi jika terjadi permasalahan diatas?

Pertama-tama seorang guru harus mempunyai sebuah rancangan atau dalam proses pembelajaran dikatakan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). RPP disini bukan hanya sekedar membuat rencana pembelajaran saja, akan tetapi RPP disini harus bisa dikondisikan dengan suasana kelas maupun materi yang ada. bisa dikatakan seorang guru kalau membuat RPP harus luwes sifatnya dan tidak monoton sehingga tidak membuat siswa menjadi jenuh.

Kedua kalinya buatlah kata sandi sebagai kesepakatan antara guru dengan siswa. Misalnya jika Guru berkata Hei... maka siswa harus menjawab Hello... Mungkin dengan sapaan yang sedikit beda itu bisa membuat siswa menjadi nyaman dengan guru tersebut.

Ketiga kalinya, alangkah baiknya jika guru tidak memaksakan satu metode pembelajaran pada semua siswa. Karena tingkat kemampuan siswa itu bervariasi, ada yang mengerti dengan cara hanya dijelaskan dengan ceramah saja, ada juga siswa baru mengerti jika dijelaskan dengan gambarnya, tetapi ada juga siswa yang hanya bisa memahami pelajaran jika sudah dipraktekkan saja. Dengan demikian guru harus lebih fleksibel dalam menyampaikan materi pembelajaran pada anak didiknya.

Demikian tadi trik mengatasi kelas yang gaduh, semoga menjadikan manfaat bagi seorang guru.

2 comments:

Ade Malsasa Akbar said...

Assalamu'alaikum,

Waaah, saya yang telah menjadi salah satu pembikin gaduh di kelas membaca ini :D Jadi senang.

Salam kenal, Bu. Senang berkunjung kemari.

Wassalam,

Ade Malsasa Akbar
http://malsasa.tk

Mhya said...

makasih de...