Saturday, October 30, 2010

PENDIDIKAN ANAK

Pendidikan yang diberikan oleh orang tua merupakan pendidikan awal yang diterima oleh anak, peran orang tua sangat besar dalam pendidikan yang akan diterima oleh anak. 

Sejak anak masih berada dalam kandungan pun, orang tua harus telah mempersiapkan pendidikan yang akan diberikan kepada anak-anaknya agar kemudian anak tersebut dapat menjadi anak yang dapat berguna bagi keluarga dan bagi Bangsa Indonesia ini. Meskipun pendidikan orang tua rendah akan tetapi mereka menginginkan pendidikan anaknya jauh lebih tinggi.
 
Anak merupakan generasi masa depan bagi sebuah keluarganya, oleh karena itu harapan orang tua adalah agar anaknya memiliki bekal pendidikan yang lebih tinggi dari pada orang tuanya. 

Pada dasarnya setiap orang tua siswa memiliki keadaan ekonomi yang berbeda-beda, di sekolah tertentu ada yang menampung siswa yang kurang mampu dalam hal perekonomian.

Peran orangtua sangat besar bagi pembentukan kepribadian anak, sejak anak berada dalam kandungan ataupun sampai saat anak telah beranjak dewasa. 

Orangtua adalah satu-satunya teladan yang pertama bagi anak-anaknya dalam pembentukan kepribadian, begitu juga anak secara tidak sadar mereka akan terpengaruh, maka kedua orang tua di sini berperan sebagai teladan bagi mereka baik teladan pada tataran teoritis maupun praktis. 

Dari sini pula kita tahu betapa pentingnya peranan orang tua dalam sebuah pendidikan yang bisa memotivasi anak dalam belajar baik formal maupun non formal.
 

No comments: