Tuesday, July 6, 2010

STRATEGI DALAM MEMILIH SEKOLAH

Telah banyak tawaran tentang bermacam-maacam sekolah, mulai dari penyediaan fasilitas sampai pada kenyamanan dalam proses belajar, sehingga tawaran itu semua bisa menggiurkan wali murid maupun calon murid itu sendiri. Nah dalam kita memilih calon sekolah yang seharusnya nyaman bagi anak-anak anda maupun diri kita sendiri, kita harus melihat prospek kedepannya. Sesuai dengan kaidah sekolah itu sendiri yang nantinya akan menjadikan siswa-siswanya menjadi generasi muda yang berbakat dan berkembang tentunya, maka dalam hal ini sekolah harus mempunyai nilai-nilai keunggulan yang dapat menjadikan siswa itu unggul dalam berbagai aspek.


Nilai-nilai keunggulan tersebut meliputi:  
  1. Keimanan; yang meliputi landasan gerak hidup manusia
  2. Ketaqwaan; yang merupakan identitas kemuliaan
  3. Kebenaran; merupakan pedoman jalan lurus
  4. Kebaikan; perangai bermakna
  5. Kecerdasan; merupakan pilar utama peradapan 
  6. Kebersamaan; merupakan sinergitas peradapan 
  7. Keindahan; merupakan fitroh kedamain

Sebagai generasi muda yang tentunya tidak ingin terjebak dalam arus globalisasi yang makin menyesatkan maka berhati-hatilah dalam memilih pergaulan di sekolah maupun di masyarakat. Lihatlah nilai-nilai keunggulan dalam sekolah tersebut "apakah sekolah yang dipilih itu sudah sesuai dengan nilai-nilai yang dapat diunggulkan ataukah belum" tentu kita harus berhati-hati dalam melangkah, jangan sampai kita terjebak dalam suatu kondisi yang fatal sehingga kita menyesal di kemudian hari. Perlu diketahui juga bahwa tidak selamanya sekolah yang mengiming-imingkan fasilitas serba ada itu merupakan solusi terbaik buat pendidikan kita nantinya, akan tetapi sekolah yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral itulah yang seharusnya jadi pilihan utama kita.

Waspadalah! Waspadalah!

3 comments:

om rame said...

fasiLitas yang tidak kaLah Lengkap adaLah di sekoLah madrasah. seLain mendapatkan iLmu pengetahuan umum, tentunya juga mendapatkan iLmu pengetahuan yang Lebih Luas.
keren nih buw tampiLan bLognya, baru direnovasi yah?.

Blogger said...

echem...wah rumah baru ne mbak, lebih fresh..
bener sekali mbak memang seharusnya dalam memlih sekolah harus bener2 selektif dalam artian tidak mengutamakan gengsi sosial melainkan kepada kualitas sekolahnya itu sendiri
Sukses Slalu!

Mhya said...

iya neh.....emang itu yang terjadi pada dewasa ini, makasih yah buat kunjungannya.