Tuesday, February 23, 2010

TIPS MENGAJAR YANG BAIK

Malam ini terasa sepi tanpa ada kepastian dalam hati,,,,entah mengapa aku jadi melo gini yah,,,,sebenarnya apa sih yang aku rasakan???aku pun tak tahu jawabnya. Biarkan keybord ini menyatakan kesetiaannya pada diriku.
Daripada aku berlarut-larut dalam sesuatu yang tak pasti lebih baik aku berbagi tips pada sahabat-sahabat semua yang menjadi pendidik alias guru. Bukannya sok ngajari sih,,,tapi ya...siapa tahu bisa dipake' betul kan??? betul betul betul (kaya Ipin aja). Kali ini tipsnya tentang  mengajar yang baik sehingga membuat siswa mudah paham dengan pelajaran yang diajarkan". Amiiin......

Langkah-langkahnya seperti ini silahkan disimak ya,,,,,

  1. Pertama-tama jadilah guru yang disukai siswa dengan menyayangi siswa seperti menyayangi diri kita sendiri.
  2. Dalam menyampaikan pelajaran (materi) seorang guru harus menguasai materi yang ada.
  3. Sebelum materi dilanjutkan sebaikknya guru mengulas materi minggu lalu.
  4. Seorang guru yang baik harus membuat bahan ajar yang sudah diringkas berupa modul, diktat, rangkuman atau sejenisnya yang diberikan pada siswa.
  5. Ketika dalam penyampaian materi guru juga harus punya alat peraga, bisa itu dibuat sendiri atau dengan membelinya.
  6. Adakan observasi secara berkelompok ke tempat-tempat sesuai dengan pelajaran (materi) yang ada, karena pada umumnya siswa suka kebebasan berekspresi dan petualangan.
  7. Jika pelajaran (materi) itu dirasa berat seperti Matematika, Ekonomi, Fisika, Kimia atau yang lainnya berbahu menghitung, maka sudi kiranya seorang guru itu memakai jubah/jas putih yang telah ditulisi dengan berbagai macam rumus yang ada pada pelajaran tersebut. Dengan begitu siswa mudah untuk membaca sekaligus menghafalnya.
  8. Terakhir berikanlah kesimpulan terhadap materi hari ini dan jangan lupa mengadakan evaluasi.
Nah itu saja tips dari aku semoga bermanfaat dan dapat dipraktekkan dengan sebaik-baiknya. Terimakasih.

16 comments:

Amdhas said...

salam kenal ,,nice artikel,,ini membahas tentang guru,yaitu pahlawan tanpa tanda jasa,,tapi lebih pantasnya lagi pahlawan sepanjang masa...

Mhya said...

iya itulah sebutan seorang guru yang seringkali kita mengabaikannya betapa besar jasanya hingga kita bisa membaca, menulis dan bisa seperti sekarang ini,,,,

Trimakasih sudah mampir.....

Phuad said...

option 7 tipsnya aneh..
hahaha..

Mhya said...

@phuad; kenapa aneh maz,,,,,hehehe,,,,

Clara Canceriana said...

nah ini mbak, yg point ke 2 rasanya susah sekali nyampaikan sesuatu yg meski kita kuasai supaya orang lain bisa ngerti

ga bakat jadi guru nih saya XD

Mhya said...

@clara; dengan sering membaca dan belajar berinteraksi kita pasti bisa koq,,,,emang bakat juga dibutuhkan disini....Mungkin mbak clara bakatnya dibidang lain.....

kang tejo said...

jadi guru itu sulit sekali mbak..pernah ngalami walau cuma jadi asisten heheh..
benar2 ternyata jadi guru tidak mudah..terimah kasih tipsnya

Larung lanang said...

mantap nih sob,,,
saya selalu menghargai seorang guru kerena guru mendidik sangat tulus terhadap muridnya, kadang muridnya aja yg suka bandel hehehe....
salam kenal ya...

Phuad said...

y kayak mw demo gitue..
bwsany kn org2 demo d coret2i bajunya..
hehe..
tpi top lah :D

Syifa Aulia (Kak Cipa) said...

top markotop! :)

unieqblog said...

@kang tejo; trimakasih sudah mampir,,,
@deni; salam kenal juga ya,,,
@phuad; itu bukan demo tapi media pembelajaran yang efektif seperti yang aku kutip pada waktu aku ikut diklat guru,,,
@syifa; trimakasih,,,,

Aryo Halim said...

makasih ilmunya, menanamkan ilmu adalah perbuatan yang sangat baik, karena ilmu kekal dalam diri anak didik kita dan memberikan manfaat

Unknown said...

salam sahabat
lha kenapa kok gitu ya?ehm artikelnya memberikan motivasi bagaimana menyikapi pelajar bagus sis,oh iya dah saya follow kalo sedia follow balik buat saya ya thnxs n good luck

secangkir teh dan sekerat roti said...

salam hangat ya mbak.. :)

♥ria♥ said...

makasih yah tipsnya
sapa tau nt ak bs jadi pengajar hehe

Mhya said...

@aryo halim; sama-sama trimakasih juga sdh mau kesini....
@dhana; salam sahabat juga, langsung aku follow ya,,,
@secangkir teh; salam hangat juga, trimakasih minumannya,,,
@ria; sama-sama ria, aku doain deh semoga terwujud apa yang dicita-citakan,,,,