Wednesday, November 2, 2011

Pentingnya Pendidikan Agama


Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya untuk mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai, tentram dan bermartabat.

Menyadari peran agama amat penting bagi kehidupan umat manusia maka pendidikan agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keharusan, yang bisa ditempuh melalui pendidikan formal atau non formal, baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.

Pendidikan Agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT dan mempunyai akhlak yang mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti yang luhur, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.

Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan.

Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk hidup yang taat beribadah, menjalankan perintah Allah SWT serta menjahui segala larangan-Nya yang berpedoman pada Al-Qur'an dan Al-Hadits.

No comments: