Wednesday, October 19, 2011

Tanamkan Pendidikan Agama Sejak Dini

Belajar itu penting, dengan belajar kita bisa mengetahui apa-apa yang sebelumnya belum kita ketahui. Kenapa kita harus belajar? itu merupakan sebuah pertanyaan yang tanpa sengaja sering terlontar dari mulut anak-anak yang lagi malas belajar. 


Jika dihubungkan dengan agama belajar itu bisa dikatakan perintah. Seperti ada salah satu hadits yang mengatakan "tuntutlah ilmu walau ke negeri Cina". Itu merupakan bukti bahwa pentingnya belajar untuk mencari ilmu. 

Nabi Muhammad sendiri diperintahkan oleh Allah SWT untuk belajar dengan ditandai turunnya Al-Qur'an pertama kali, yaitu Iqro' yang artinya "bacalah". dari situ bisa disimpulkan bahwa belajar itu merupakan tuntutan atau kebutuhan kita sehari-hari. 

Belajar bisa dimulai kapanpun dan dimanapun. Tetapi akan lebih efektif jika belajar sudah kita tanamkan sejak usia dini. Apalagi tentang pendidikan agama yang nantinya bisa dijadikan dasar kita dalam menapaki perjalanan hidup. Bayangkan saja seandainya kita hidup dengan berpinjak ajaran-ajaran diluar agama, apa nantinya kehidupan kita? Yang ada adalah kehidupan yang kalud, resah, gelisah, tanpa ada ketenangan dan kedamaian jiwa. 

Agama merupakan cikal bakal kehidupan yang banyak mengandung perintah kebaikan dan kebenaran tanpa ada pendustaan sedikitpun. Oleh karena itu landasi hidup kita dengan agama yang kuat agar menjadikan benteng dalam kita bertindak dan bertingkah laku. Mulailah belajar pendidikan agama demi masa depan kita. Tanamkan pendidikan agama sejak dini agar bisa menghasilkan generasi bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. 

Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang beruntung dikemudian hari. Amiiin ya Robbal 'Alamiiin....

No comments: