Sunday, September 11, 2011

Kurikulum KTSP Beralih Menjadi Kurikulum Berkarakter

Kurikulum merupakan roh dari sebuah pendidikan, yang mana jika di sekolah /madrasah membupai kurikulum yang kompeten maka sekolahan ersebut bisa dikatakan handal dalam mendidik siswa-siswinya. 

Berbagai macam kurikulum telah dan pernak dipratekkan di dunia pendidikan kita, mulai dari kurikulum KBK sampai pada kurikulum KTSP, dan serang pun muncul kurikulum baru yaitu Kurikulum Berkarakter.

Kurikulum berkarakter ini sepenuhnya ditujukan pada siswa-siswi agar dalam menapaki dunia pendidikan ini dibekali juga dengan keterampilan-keterampilan maupun keahlian-keahlian sehingga bisa memberikan sebuah karakter tersendiri bagi siswa-siswi tersebut. 

Kurikulum Berkarakter ini sebenarnya tak jauh beda dengan kurikulum-kurikulum yang sebelumnya hanya saja dalam kurikulum ini lebih ditonjolkan tentang karakter siswa yang harus lebih dibina sehingga mampu mencetuskan generasi muda yang berbakat dan berkarakter.

Demikian sekilas tettang Kurikulum Berkarakter, semoga bermanfaat.

2 comments:

Ade Malsasa Akbar said...

Aduh, bingung sekali kalau standar diganti-ganti. Yang namanya standar semestinya stabil biar yang dikasih standar bisa melaksanakan kerjanya secara maksimal.

Belum kerja maksimal, standar sudah ganti. Kapan majunya?

Saya ini anak yang sedikit sekali memerhatikan pendidikan. Betul, rakyat kita butuh pendidikan yang baik. Salut buat mbak :)

Mhya said...

za ade emang itu yang terjadi saat ini, dengan demikian seorang pendidik harus pandai2 menerapkan methode yang tepat untuk siswa-siswinya.