Saturday, January 23, 2010

MERUBAH DOMAIN BLOGSPOT MENJADI .CO.CC

Anda termasuk newby seperti saya? tepat sekali jika anda berkunjung disini. Mungkin bagi kebanyakan orang merubah domain itu sangat mudah tapi belum tentu bagi para pemula. Pada posting kali ini saya akan membahas tentang bagaimana caranya merubah domain dari blogspot menjadi dot co dot cc ( .co.cc). Oke tanpa panjang lebar lagi langsung saja kita mulai, yuuuuuuuk..
Pertama-tama marilah kita berdo'a sesuai dengan kepercayaannya masing-masing.........
Kedua kalinya acara inti dimulai,,, upz..... kaya belajar pidato aja..........hehehe............
Melihat judul diatas tentu kita sudah tahu bahwa point yang terpenting adalah merubah blogspot menjadi .co.cc, mengapa kita merubahnya? Ini kita lakukan karena mungkin alamat blog yang anda miliki adalah terlalu panjang dan ada embel-embelnya blogspot. Anda nggak mau ribet khan,,,, makanya kita rubah alamatnya menjadi .co.cc biar kita mudah menghafalnya dan jika memberikan alamat domain kita ke teman, tetangga, sodara kita pun tidak usah panjang-panjang. Sebelum kita melangkah lebih lanjut pastikan bahwa anda sudah punya blog terlebih dahulu, jika belum silahkan buat dulu disini.

Langsung saja kita mulai langkah-langnya sebagai berikut:
  1. Klik www.co.cc
  2. Silahkan buat account dengan mengklik "create a new account"
  3. Klik "Get new Domain", isikan nama domain yang anda sukai bisa nama sendiri, pacar, tetangga atau binatang kesukaan terserah deh. Setelah itu klik tulisan "check availability" (maksudnya domain tersebut tersedia atau tidak)
  4. Jika nama domain anda tersedia misal "www.xxxxx.co.cc is available" lanjutkan dengan mengklik "continu to registration". Catatan cari yang free saja.
  5. Setelah itu akan muncul halaman baru dengan tulisan seperti ini "Your new domain has been succfully regitered" kemudian klik "Set Up"
  6. Klik menu 2 "Zona Record" disitu akan muncul kotak dengan tulisan "add record". Isi kotak tersebut dengan panduan sebagai beikut: Host diisi dengan nama domain yang tadi dibuat, misal "www.ulumiyah.co.cc", TTL [1 D] dibiarkan saja. Type diisi dengan "CNAME" (klik tanda panah untuk memilih). Value diisi dengan "ghs.google.com" (ntuk pengguna blogger), kemudian klik "Set Up". Selesai sudah pemilihan nama domain.
  7. Selanjutnya silahkan login ke blog anda di www.blogger.com seperti yang anda lakukan selama ini. Setelah login kemidian klik Dashboard klik pengaturan dan selanjutnya klik Publishing. Setelah itu pilih "Swittch to costum Domain". Berikutnya klik "Already own a domain? Switch to advanced setting". Pada kolom "your domain" isi dengan nama domain yang tadi dibuat misalnya "www.ulumiyah.co.cc". Pada tulisan "Use a missing files host? pilih saja "No", kemudian masukkan kata yang akan digunakan untuk melakukan verifikasi "word verification", dan terakhir klik "SAVE SETTING".
  8. Selesai sudah prosesnya silahkan kembali ke Dashboar dan coba lihat alamat URL anda jreng-jreng........ alamat URL anda sudah berubah. Jika belum sabar dulu tunggu sampai 1 x 24 jam, tapi biasabnya langsung deh...............
Good Lucky yah.............

6 comments:

Phuad said...

hmm...
ak juga pernah pke domain tu non..
tpi ak gnti lagi k blogspot..
kalo gk salah itu cuma gratis satu tahun kn??selanjutnya membyar...
nah gk enakny itu non,kalo misal kita uda PR 1 satu..
truz ganti domain lagi, PRny berubah jd nol lagi...
hmm,tpi gk masalah sih sebenarny kalo mw membayar, jd tetep pke co.cc
hehe..

Mhya said...

iya sih,,,,,

1 said...

Assalamualaikum..,iyani ana juga pernah mencoba pake domai. co.cc..tapi sayangnya gk berasil..,tapi gk pp deh yg penting Blog ana ada manfaatnya buat kawan-kawan..Insya Allah..seperti Blog kk ini..manfaat banget..,jangan"..bosen ya kk mampir ke Blog Ana..Wassalam

V1Яus X said...

wahhh....benar...pas di coba langsung bisa hhee... makasihh yaaa..atas infonyaa....hahah...mendadak bahagia..saya....wkwkkw ^___^

Hanifa said...

makasihh ya bro...
minta tipsnya ya..

Unknown said...

ya wis